Lomba Cipta Game Edukasi Pajak Anak Usia Dini

​​​​

Dalam rangka meningkatkan kesadaran pajak generasi muda sekaligus memperingati Hari Pajak, Direktorat Jenderal Pajak menyelenggarakan kegiatan Lomba Tutur Pajak 2024 Cipta Game Edukasi Pajak Anak Usia Dini dengan tema “Semangat Berbagi Untuk Negeri” yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Pajak 2024. 

Kompetisi ini bertujuan untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan permainan komputer atau mobile dengan platform HTML5 berbasis web yang berfungsi sebagai alat pembelajaran pajak bagi anak usia dini usia 1–8 tahun, sehingga anak usia dini dapat belajar mengenai konsep dasar pajak yang paling sederhana, agar anak usia dini akhirnya memahami apa itu pajak? dan kenapa kita membayar pajak?, untuk itu harus diakaitkan pada pendekatan nilai-nilai yang mengarahkan atau yang berkaitan dengan pengertian pajak, nilai-nilai tersebut adalah nilai nasionalisme, cinta tanah air, tanggung jawab, jujur, disiplin, mandiri, nilai memberi dan nilai menerima atau berbagi. 

Tujuan Lomba

  1. Meningkatkan wawasan nasionalisme dan pentingnya peran pajak sebagai tulang punggung penerimaan negara untuk keberlangsungan kehidupan bernegara; 
  2. Membangkitkan semangat untuk peduli kepada negara melalui program penguatan nilai-nilai pajak yang dikenalkan sejak usia dini; 
  3. Mengedukasi dan mengajak setiap warga negara untuk sadar pajak melalui media game agar masyarakat memenuhi kewajiban perpajakan dengan benar. Pentingnya penanaman budaya membayar pajak harus mulai dikenalkan sejak usia dini pada lingkup pendidikan anak usia dini (PAUD), keluarga maupun masyarakat; dan
  4. Mengekspresikan kreativitas melalui karya game, sebagai media yang paling diminati oleh anak-anak.

Tema Lomba

“Semangat Berbagi Untuk Negeri”, dengan subtema:

  1. “Manfaat pajak dalam kehidupan sehari-hari” 
    Contoh: Seorang anak sedang bermain bola. Tiba-tiba terlihat ada rumah kebakaran di dekat lapangan. Kemudian anak tersebut melihat banyak petugas damkar yang gagah dengan peralatan dan mobil damkar yang canggih. Anak tersebut bertanya-tanya dari mana uang untuk membeli peralatan damkar yang canggih itu. Setelah ia pulang ke rumah, ia bertanya kepada ayahnya. Ayahnya menjawab, “Uang yang digunakan untuk membeli peralatan damkar itu dari Ayah.” Anak tersebut kaget dan bertanya bagaimana ayahnya bisa membeli peralatan itu. Lalu ayahnya menjelaskan, “Uang itu dari penghasilan/gaji ayah yang sebagian disetor ke pemerintah berupa pajak. Pajak itu dipakai untuk semua keperluan pemerintah termasuk pembelian peralatan damkar.”
     
  2. “Berbagi untuk Negeri” 
    Contoh: Pada sebuah hutan yang lebat di tengah pulau, tinggal seekor beruang madu bersama banyak hewan lainnya. Setiap hari beruang madu mengumpulkan madu di seberang sungai. Pada suatu hari, beruang madu sakit dan harus tetap mengumpulkan madu padahal badannya sangat lemah. Akhirnya, tupai dan monyet mengumpulkan kayu dan ranting, sedangkan berang-berang mencoba membuat bendungan untuk menahan air sungai agar tidak terlalu deras. Kerbau dan babi hutan mencoba menarik potongan pohon tumbang ke tengah sungai, buaya-buaya mencoba untuk mengatur kayu, ranting dan potongan menjadi semacam rangkaian jalan di atas sungai. Setelah jembatan itu selesai, rusa membawakan madu dari seberang sungai ke tempat di mana beruang madu sakit melalui jembatan itu.
     
  3. Tema lain
    Tema lain yang bisa dibawakan berupa tema keluarga, tema makanan, atau tema pembangunan dengan gambaran kongkrit dan dikaitkan dengan nilai-nilai pajak yang bisa dikenalkan sejak usia dini seperti nilai nasionalisme, cinta tanah air, tanggung jawab, jujur, disiplin, mandiri, nilai memberi dan menerima atau berbagi yang dikaitkan dengan pengenalan kata “PAJAK” atau peran pajak untuk membangun negeri ini.

Hasil yang Diharapkan

Hasil kegiatan Lomba Tutur Pajak 2024 adalah game edukasi perpajakan yang diharapkan memberikan dampak positif bagi semua lapisan masyarakat khususnya pada lingkup anak usia dini yang didalamnya terdapat orang tua, guru dan masyarakat sekitar anak untuk mulai mengenalkan peran penting dan manfaat pajak bagi keberlangsungan kehidupan bernegara, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran pajak bagi generasi muda atau generasi penerus bangsa yang saat ini masih dalam ruang lingkup PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan memberikan pemahaman bahwa setiap warga negara yang telah menjadi wajib pajak dapat memenuhi kewajiban perpajakan dengan benar. 

Karya dapat menceritakan adegan-adegan fiktif atau kisah inspirasi dengan tokoh fiktif yang akan membawa pemain pada wacana, pemahaman tentang peran penting dan manfaat pajak bagi keberlangsungan kehidupan bernegara. Bisa berupa penggambaran kehidupan sosial sehari-hari dalam konsep berbagi yang didalamnya terdapat nilai memberi dan niali menerima atau tolong menolong kepada sesama warga negara, dan dilengkapi dengan nilai lain seperti nilai nasionalisme, cinta tanah air, tanggung jawab, jujur, disiplin, mandiri, yang dapat mengarahkan pada pemahaman tentang apa itu pajak?, kenapa kita memberikan/membayar pajak kepada negara?, dan apa dampak yang kita terima jika taat membayar pajak?, yang dijelaskan secara sederhana dan dapat dipahami oleh anak-anak.

Pilihan atas topik-topik tersebut diharapkan dapat disusun ke dalam suatu game yang komunikatif, menghibur, dan sesuai dengan target pengguna yaitu anak usia dini jenjang usia 1-8 tahun.

Peserta Lomba

Peserta Lomba Tutur Pajak 2024 adalah individu atau kelompok dengan pembagian kategori sebagai berikut: 

  1. Kategori Pelajar diikuti oleh siswa SD, SMP, SMA atau sederajat dari sekolah di seluruh Indonesia baik sekolah negeri maupun swasta; 
  2. Kategori Mahasiswa/Umum diikuti oleh mahasiswa dari universitas seluruh Indonesia atau warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia dan memiliki kartu identitas. Pegawai Kementerian Keuangan Republik Indonesia tidak diperkenankan mengikuti lomba ini.

Ketentuan Lomba

  1. Ketentuan Umum
    • Peserta lomba tidak dipungut biaya apapun (gratis);
    • Pendaftaran dilakukan melalui tautan https://linktr.ee/tuturpajak2024;
    • Peserta melakukan pendaftaran dalam bentuk perorangan atau tim dengan anggota tim maksimal 5 (lima) orang;
    • Peserta wajib melakukan pendaftaran serta melengkapi dan mengirimkan lampiran yang disebutkan dalam formulir pendaftaran sesuai dengan data asli dan legal. 
    • Peserta wajib mengikuti akun instagram resmi @ditjenpajakri dan @kemenkeuri.
    • Peserta wajib mengunggah sampul game yang dilombakan di Instagram pribadi masing-masing peserta dengan menggamit (tag) akun Instagram @ditjenpajakri dan @kemenkeuri disertai takarir (caption) “Ayo dukung budaya sadar pajak sejak usia dini. Aku (nama peserta) sadar pajak karena aku peduli pada negeri!” dan hastag #LombaTuturPajak2024 #PajakBertutur2024 #SadarPajakPeduliNegeri. Akun instagram tidak boleh diprivat.
    • Karya tidak mengandung unsur SARA, pornografi, politik, kekerasan, kata-kata kasar yang tidak sesuai dengan etika, ataupun menyerang/memojokkan pihak-pihak tertentu, tidak mengandung unsur penyimpangan dan tidak melanggar hukum;
    • Karya bersifat orisinil, tidak melanggar hak cipta/hak kekayaan intelektual (HKI) dan etika pembuatan karya cipta (bukan tiruan) serta tidak mengandung pelanggaran hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia;
    • Karya belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi lainnya;
    • Hak Kekayaan Intelektual keseluruhan hasil karya pemenang lomba tetap melekat pada kreator, Direktorat Jenderal Pajak dapat menggunakan, menyiarkan, dan merubah sebagian atau seluruh hasil karya tersebut untuk keperluan materi sosialisasi, edukasi, dan penyuluhan perpajakan tanpa batas waktu yang ditentukan serta kreator tidak dapat menuntut royalti kepada pihak Direktorat Jenderal Pajak;
    • Panitia berhak untuk melakukan diskualifikasi peserta atau mencabut gelar juara dari pemenang jika ditemukan kecurangan atau pelanggaran hukum dalam karya yang dilombakan;
    • Peserta yang sudah melakukan pendaftaran dianggap telah membaca dan mematuhi mekanisme pendaftaran serta ketentuan lomba yang disampaikan melalui pengumuman ini;
    • Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
       
  2. Ketentuan Khusus
    • Peserta dapat mengirimkan hasil karya maksimal 2 (dua) aplikasi game
    • Peserta didorong untuk membuat game dengan jenis kompilasi minigame (minigame compilation) dalam satu aplikasi. Peserta yang berhasil mencapai hal ini akan diberikan poin lebih dalam penilaian;
    • Game harus dibuat mulai dari awal pada saat acara dimulai; 
    • Game yang diikutsertakan harus mengandung unsur edukasi pajak untuk anak usia dini (usia 1-8 tahun) yang mudah untuk dipelajari. Semakin rendah usia anak (usia 1-5 tahun) semakin sederhana konsep materi pajak yang disampaikan, ilustrasi gambar atau tampilan tokoh/benda yang dimunculkan dalam game harus jelas, menggambarkan sebuah bentuk yang mendekati bentuk sebenarnya, tampilan layar game cerah, dan semakin tinggi usia anak (usia 6-8 tahun) konsep materi pajak sudah memiliki levelitas pemahaman yang lebih komplek, ilustrasi gambar atau tampilan tokoh/benda yang dimunculkan dalam game harus jelas, menggambarkan sebuah bentuk yang mendekati bentuk sebenarnya, tampilan layar game cerah.
    • Klasifikasi kelompok usia pengguna gim dan kriteria yang harus dipenuhi mengacu pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2024 tentang Klasifikasi Gim;
    • Hasil karya diciptakan dengan platform HTML5 berbasis web minimal support Google Chrome Browser dan Safari Browser yang dibuat untuk offline (tidak bergantung pada localhost) dan dapat digunakan untuk device touchscreen
    • Ukuran hasil karya berbentuk landscape (1.920 x 1.080 pixel) dengan kapasitas maksimal ukuran game 100 MB; 
    • Peserta diperbolehkan menggunakan tools, engine, library, script, atau assets apapun akan tetapi game engine yang digunakan harus sudah ditanam/include di dalam aplikasi tersebut tanpa melakukan instalasi pada device komputer yang akan digunakan; 
    • Asset game dapat dibuat sendiri atau menggunakan free asset dengan menyertakan sumber dan/atau pembuat asset tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku; 
    • Hasil karya dipastikan sudah dicoba dan lancar digunakan melalui web driver webkit seperti Google Chrome Browser dan Safari Browser.

Dewan Juri

  1. Pihak Internal Direktorat Jenderal Pajak; dan 
  2. Pihak Eksternal Direktorat Jenderal Pajak.

Kriteria Penilaian

  1. Kesesuaian tema
  2. Fungsionalitas;
  3. Engagement;
  4. Komponen (Gameplay, Desain Visual, dan Desain Audio)

Pengiriman Karya

  1. Karya lomba diunggah dalam satu folder yang dikompres ke dalam bentuk *.zip melalui tautan yang tersedia pada laman https://linktr.ee/tuturpajak2024
  2. File hasil kompres diberi nama dengan format “namapeserta_judulkarya”; 
  3. Folder hasil karya terdiri dari: 
    • File aplikasi dalam format HTML5 dan file pendukung lainnya dalam satu folder khusus; 
    • Deskripsi, tata cara instalasi, dan petunjuk memainkan game dalam bentuk PDF;
    • Video teaser/screen recording maksimal 3 (tiga) menit;
    • Cover/poster karya ukuran 1080 x 1350 pixel dalam bentuk JPG/PNG;
  4. Melampirkan Surat Pernyataan Peserta Lomba yang telah ditandatangani dan dibubuhi dengan e-meterai/meterai elektronik. Format surat pernyataan dapat diunduh pada tautan https://linktr.ee/tuturpajak2024;

Jadwal Kegiatan Lomba

  1. Pengumuman lomba 17 April 2024;
  2. Pendaftaran dan pengiriman karya dimulai pada 17 April – 30 Juni 2024;
  3. Lokakarya Lomba Tutur Pajak 2024 pada 29 April 2024. Diikuti oleh peserta dan umum dilaksanakan secara daring, pendaftaran lokakarya dapat dilakukan melalui tuatan https://linktr.ee/tuturpajak2024;
  4. Penjurian dilaksanakan pada 1-12 Juli 2024;
  5. Pengumuman dan penganugerahan pemenang dilaksanakan dalam acara puncak Hari Pajak (waktu diinformasikan kemudian).

Pengumuman Pemenang dan Hadiah

Pemenang akan diumumkan pada acara puncak Hari Pajak dan dipublikasikan pada melalui laman dan media sosial resmi Direktorat Jenderal Pajak. Setiap pemenang akan mendapatkan sertifikat penghargaan dan dana tunai dengan rincian sebagai berikut:

  1. Kategori Pelajar
    Juara 1 : Beasiswa Rp8.000.000,00
    Juara 2 : Beasiswa Rp6.000.000,00
    Juara 3 : Beasiswa Rp4.000.000,00
  2. Kategori Mahasiswa/Umum
    Juara 1 : Beasiswa Rp11.000.000,00
    Juara 2 : Beasiswa Rp9.000.000,00
    Juara 3 : Beasiswa Rp7.000.000,00

Pajak hadiah ditanggung pemenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Karya yang terpilih akan digunakan sebagai materi sosialisasi, edukasi, dan penyuluhan perpajakan Direktorat Jenderal Pajak dan ditayangkan di laman https://edukasi.pajak.go.id/.

Ketentuan Lain

  1. Bagi peserta yang terpilih, peserta bersedia untuk melakukan revisi minimal untuk menyelaraskan konsep perpajakan dan fakta-fakta lain di dalam naskah;
  2. Ketentuan ini tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu;
  3. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, (021) 5250208, 5251509, situs https://pajak.go.idhttps://edukasi.pajak.go.id, atau melalui pesan Whatsapp PIC Lomba 085156246931.